26 Agustus 2012

Cerita Gembira PART I (fibroadenoma)

Haiii There..!
Long time no see, huh?
Hahaha, I've been busy this few weeks.. (And i will told you why)
Today i come up with many many good stories.. Hehehe..

Let's begin with the first story.. :)
Hari ini aku pulang dari rumah sakit. Hehehe.
Sebenarnya aku gak mau cerita sama siapapun ttg penyakitku ini..
Tp itung2 bagi pengalaman, siapa tau para readers yg baca bisa ngambil hikmahnya... ^^
Jadi aku mengidap tumor di bagian payudara,. Yg kalo gak salah bahasa dokternya FAM (fibroadenoma).
Jadi penyakit ini biasa ditemukan pada remaja putri. Setelah aku teliti di google, biasanya yg berumur 16-22 tahun.. Penyakit tumor ini diakibatkan oleh tidak stabilnya hormon pada remaja putri usia itu..
Jadi, 2 bulan yg lalu, aku mengecek payudara sebelah kiriku dan jeng jeng jeng ada benjolan d bagian bawahnya..
Parno? Jelaslah.. Remaja putri kurang diberi penyuluhan tentang apa itu kanker, sebabnya, cirinya, dan cara mengatasinya. Pasti taunya kanker berbahaya, bikin mati. Nah, aku termasukorang yg rada melek sama yg namanya ciri2 kanker...
Dullu bacanya kalo ada benjolan aja, gak tau yg gimana, pasti mikirnya kanker. Apalagi ini di payudara..
Ternyata bulan lalu aku aktif mreksain benjolan ini ke dokter penyakit dalam..
Banyak dokter aku datengin..

Ternyata benjolan di payudara kiriku itu namanya FAM alias fibroadenoma. Bentuknya emg tumor (benjolan) tapi jenis ini tidak berbahaya. Mungkin bisa tumbuh alias membesar. Tapi gak berbahaya sama sekali. Ciri2nya itu: benjolannya mobile (bergerak) gak diem dan berakar, kebanyakan gak sakit, dan gak ada benjolan di ketiak. Nah tumor yg ganas (kanker) itu kebalikannya. Dia diem, sering kali sakit, dan ada benjolan di ketiak. Ukuran tumor ini juga gak jadi patokan apakah dia ganas ataukah jinak.
Itu intinya penyakitnya. Jadi caranya mengobati si fibroadenoma ini adalah dengan pengangkatan.
Jadi ukuran fibroadenoma ini sendiri beragam, bisa kecil banget dan bisa tumbuh sampe besar banget.
Nah operasi dilakukan bila diameter dari FAM ini sendiri melebihi 1-2 cm.
Diatas itu, operasi wajib hukumnya, karena FAM nya udah susah banget untuk mengecil. Sedangkan dibawah 1-2 cm, gak wajib operasi, karena masih bisa disembuhin sama rebusan daun sirsak, buah sirsak. Dan banyak makanan pencegah dan pengobat tumor lainnya.
Setelah aku menjalani USG, dan pemereksaan dokter, terbukti 55% tumor yg kuderita adalah FAM. Tidak berbahaya.
Nah, setelah itu, aku dianjurkan untuk melakukan biopsi.
Bukannya menakut2i, tp biopsi itu lumayan agak sakit. (huhuhu) aku yg orangnya sangat takut dengan jarum, menjalani yg namanya biopsi. Hm.. gak tergambarkan lah tegangnya.

Nah, hasil dari biopsipun mengatakan bahwa tumorku adalah FAM.
Akhirnya setelah konsultasi ke dokter, tumorku sebaiknya diangkat karena cenderung besar (banget) dan dapat lebih membesar lagi..
Jumat kemaren adalah harinya aku menjalani operasi. Sebenarnya operasi bukan hal yg tabu buat aku.
Karena aku sendiri sudah pernah 5x operasi (kurang lebih) kebanyakan operasi kecil memang..
Puji Tuhan, operasinya sendiri lancar. Gak lancar banget sih, yg jelas lumayan lancar.

Yg jelas, hari ini berita baiknya, aku udah boleh pulang.
Dan jaitan bekas operasinya terbilang lumayan rapih.. :)
hohoho..

Tidak ada komentar:

Posting Komentar